Visi Misi


2.2  Visi dan Misi

Dalam menjawab amanat dan tantangan sebagaimana diuraikan pada komponen rencana strategis diatas, serta dengan mempertimbangkan kedudukan, tugas dan fungsinya, maka Inspektorat Provinsi Banten menetapkan Visi 2012-2017 sebagai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan.

Visi yang merupakan rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan harus menggambarkan bagaimana wujud akhir yang diinginkan oleh suatu daerah/ organisasi pada akhir periode perencanaan. Visi memegang peranan penting dalam menentukan ke mana arah yang akan dituju oleh suatu daerah/ organisasi pada masa mendatang.

2.2.1  Visi

Berdasarkan visi daerah, pencapaian pembangunan pada tahapan konstruksi 2012–2017 yang akan dilaksanakan oleh seluruh SKPD Provinsi Banten, termasuk Inspektorat, diharapkan mampu mewujudkan kondisi daerah dimana keberdayaan dan kemampuan pemerintah daerah untuk memenuhi pelayanan umum dan pelayanan publik yang berkualitas serta penyelenggaraan pemerintahaan dapat meningkat. Seiring dengan upaya tersebut, maka visi Inspektorat Provinsi Banten adalah sebagai berikut :

VISI

TERCIPTANYA TATA KELOLA PEMERINTAHAN BANTEN YANG BAIK DAN BERSIH DENGAN DUKUNGAN APARATUR PENGAWAS INTERN PEMERINTAH YANG PROFESIONAL

Makna yang terkandung dalam Visi Inspektorat Provinsi Banten adalah sebagai berikut :

  1. Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih, mengandung makna sebagai berikut :
  • Penyelenggaraan kepemerintahan dengan pemberdayaan seluruh sumberdaya lokal;
  • Pengembangan institusi/lembaga penyelenggara kepemerintahan yang sehat dan efisien.
  1. Aparatur Pengawas Intern Pengawas Pemerintah (APIP), mengandung makna sebagai berikut :
  • Aparat pengawas yang terdiri dari auditor dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah (P2UPD) yang memiliki integritas dan obyektivitas serta loyal kepada pimpinan.
  1. Profesional, mengandung makna sebagai berikut :
  • Berupaya menyajikan pekerjaan secara berkualitas dan tepat waktu;
  • Berupaya berorientasi terhadap kinerja atas tugas-tugas yang diberikan;
  • Dukungan SDM yang berkualitas;
  • Peningkatan pelayanan terus menerus.

2.2.2   Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi. Misi merupakan pernyataan secara luas dan komprehensif tentang tujuan instansi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang akan diberikan atau dilaksanakan, kebutuhan masyarakat yang dapat dipenuhi, kelompok masyarakat yang dilayani serta nilai-nilai yang dapat diperoleh.

Berkaitan dengan perumusan Misi Inspektorat Provinsi Banten Tahun 2012–2017 maka perlu diperhatikan relevansi dan dukungannya terhadap pencapaian Misi Daerah Provinsi Banten 2012–2017 sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Banten Tahun 2012–2017. Sesuai dengan harapan untuk mewujudkan Visi Provinsi Banten 2012–2017, maka ditetapkan Misi Pembangunan Provinsi Banten 2012–2017. Berdasarkan hasil identifikasi, terdapat 1 (satu) rumusan Misi Daerah Provinsi Banten Tahun 2012-2017 yang perlu mendapat dukungan dan diaktualisasikan oleh Inspektorat Provinsi Banten, yaitu :

MISI :

PENINGKATAN MUTU DAN KINERJA PEMERINTAH DAERAH MENUJU TATA KELOLA PEMERINTAH YANG BAIK, BERSIH DAN EFESIEN.

Misi ini memiliki tujuan mewujudkan aparatur yang bersih, profesional, bertanggungjawab serta untuk menciptakan birokrasi yang efisien dan efektif agar dapat memberikan pelayanan yang bermutu.

Sejalan dengan Visi Inspektorat Provinsi Banten serta mendukung Misi daerah, maka Misi yang diemban oleh Inspektorat Provinsi Banten ditetapkan sebagai berikut :

  1. Mendorong Terwujudnya Penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Secara Efektif;
  2. Mendorong Terwujudnya Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP);
  3. Meningkatkan Profesionalisme APIP;
  4. Meningkatkan Tata Kelola Sistem Informasi.

Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan