FORUM KOMUNIKASI JFA


Forum Komunikasi JFA telah dilaksanakan di Gedung BPKP Pusat pada tanggal 31 Mei sampai dengan 1 Juni 2016 dihadiri oleh perwakilan APIP Pusat dan daerah.

Forum Komunikasi ini dilaksanakan dalam rangka menyamakan pemahaman pelaksanaan pembinaan JFA di lingkungan BPKP dan APIP baik pusat maupun daerah serta pengembangan Sistem Informasi Managemen (SIM) pembinaan JFA untuk meningkatkan mutu pelayanan JFA.

Sesuai perkembangan terbaru profesi Auditor Intern menurut The IIA, Auditor Intern memberikan layanan assurance, layanan pemebrian saran (advissory services) yang harus dilakukan secara pro aktif baik diminta atau tidak diminta dan insight sebagai katalisator, tidak melebur dengan organisasi akan tetapi dapat merubah menuju perbaikan organisasi. Jabatan Auditor Intern menghadapi berbagai tantangan dari segi jumlah yang belum mencukupi, kompetensi masih kurang, hasil audit belum memberikan perrbaikan pada organisasi, dan dalam pembinaan karir belum searah dengan kinerja organisasi.

Untuk meningkatkan Pembinaan JFA, BPKP sedang mengembangkan Sistem Informasi Jabatan Auditor Berkualitas yang berbasis teknologi disebut SIBIJAK, yang mengintegrasikan berbagai aplikasi di Pusbin JFA dan Pusdiklat Wsa BPKP.

Sebagai bagian dari SIBIJAK, saat ini sedang dikembangkan desain SIBIJAK dan database auditor. serta sedang dikembangkan pelaksanaan Ujian Sertifiksai Auditor berbasis komputer. Dengan aplikasi ini diharapkan Sertifikasi JFA dapat dilaksanakan dengan cepat.

Sebagai masukan dari Kementerian PAN dan BKN bahwa dalam mengembangkan SIBIJAK harus mempertimbangkan antisipasi perubahan ketentuan Jabatan Fungsional di UU ASN dan turunannya, dimana perubahan ketetntuan tersebut antara lain :

1. Jabatan Terampil dipisahkan dengan Jabatan Ahli

2. Tidak ada Pembebasan Sementara karena tidak memenuhi angka kredit 

3. Penilaian angka kredit menggunakan SKP  

4. Penilaian angka kredit dilakukan oleh atasan langsung

BKN memeberikan masukan untuk data awal auditor dalam database Auditor dapat menggunakan data dari PUPNS.

Simpulan dari pembahasan permasalahan dalam pembinaan JFA

1. Terhadap ketentuan JFA yang sudah jelas namun belum dipahami, pembinaan JFA akan dilakukan         dengan menyusun permaslahan dan jawaban dalam himpunan tanya jawab JFA dan mengintesifkan sosialisasi, misalnya mengenai penulisan karya ilmiah, penugasan yang bersaman waktu, pengelompokan diklat yang masuk dalam unsur pendiidikan,pengembangan profesi dan penunjang.

2.  Terhadap ketentuan yang masih menimbulkan multi tafsir, seperti pengakuan angka kredit peningkatan pendidikan sekolah, akan dibuat Surat Edaran.

3. Untuk aturan yang belum ada, akan disusun Peraturan baru atau merevisi peraturan yang ada, antara lain mengenai latar belakang pendidikan, pengangkatan perpindahan ke dalam jabatan Auditor, panduan penerapan asssesment bagi JFA, analisis dan uraian jabatan auditor.  (Sumber : Simpulan Forum Komunikasi JFA).     

 


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan